Sauce Dessert - Hidangan Penutup

Sauce tenyata tidak hanya digunakan sebagai pendamping appetizer dan main course, dessert juga dapat menggunakan sauce sebagai pendampingnya. Sauce yang digunakan dalam dessert mempunyai rasa manis dan menggunakan bahan pengental dari pure buah atau tepung maizena atau tepung pati yang lainnya. Fungsi sauce dalam hidangan dessert adalah sebagai penambah citarasa dan ganish. Sauce dessert dapat digolongkan menjadi 3 yaitu :

1. Custard Sauce
Custard Sauce atau crème Anglaise atau Vanilla Sauce adalah dasar dalam persiapan hidangan dessert. Custard sauce terbuat dari susu, gula, dan kuning telur yang diadukaduk diatas api sangat rendah sampai kental dan bening serta dapat mengalir.

2. Fruit puree
Fruit puree diperoleh dari buah segar atau buah yang telah diolah kemudian diberi gula dan ditambahkan flavour (pengaroma) atau rempah-rempah.

3. Syrup
Syrup diperoleh dari gula pasir yang direbus dengan air atau juice buah ditambah dengan pengaroma. Chocolate Sauce dan Caramel sauce termasuk dalam kategori syrup karena tanpa menggunakan bahan pengental.

Selengkapnya tentang Hidangan Penutup